the BiTTer and SwEEt of Me
tarian jari-jemari diatas tuts keyboard…

Ikhtiar, tawakal, dan hikmah

ada banyak kasus yang udah gw (dan istri) alami, yang semakin ‘memperkuat’ fakta bahwa kuasa Allah SWT ada..bahwasanya setelah segenap tetes peluh dan pikiran tersita untuk suatu perkara, maka disanalah faktor kuasa-Nya ‘bekerja’…masih gak percaya?

tiga kata diatas sebenernya saling terkait, adalah suatu rangkaian mutiara kegiatan duniawi kita. untuk segala hal, kita harus berikhtiar…senang rasanya jika hasil yang didapatkan adalah dari keringat sendiri (hasil ngemis itu dari keringat sendiri bukan yah?)…setelah itu, waktunya Allah SWT yang ‘kerja’, kerja kite udah sampe disini aja..dan bila¬†‘kerja’-nya Allah SWT telah selesai, maka hasilnya yang kita sebut ‘hikmah’…so, secara matematis formula hidup ini adalah:

ikhtiar + tawakkal = hikmah

hikmah bisa berarti tercapai apa yang kita usahakan, atau tidak tercapai apa yang kita usahakan namun telah disiapkan gantinya yang pastinya lebih baik, tidak hanya untuk kita tapi mungkin juga untuk orang2 yang kita cintai.

About these ads

No Responses to “Ikhtiar, tawakal, dan hikmah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: