the BiTTer and SwEEt of Me
tarian jari-jemari diatas tuts keyboard…

Sidang Tilang di PN Jakpus

selasa, 19 Juni 2007.

kejadiannya si berawal dari ditilangnya gw di bunderan patung kuda di jalan thamrin jakarta. ceritanya, gw ngelanggar lampu merah disitu. jadilah kita distop sama pak pol yang mangkal disana. ‘selamat malam pak, bisa lihat kelengkapannya?’, trus gw jawab, ‘salah saya apa pak?’, trus katanya ‘bapak melanggar lampu merah disana’, ‘yang mana pak?’, tanya gw….dan pak polisi menunjuk ke lampu merah diujung sana…’halah…’, gw gak liat!😦

singkat kata, kite minta tilang, dan dikasih lah surat tilang itu. sidangnya di PN Jakpus, jl. Gajah Mada. Dag-dig-dug gw, ga kebayang gimana tuh yang namanya sidang tilang. untung dikasi semangat terus sama istri, jadinya bisa senyum deh.

hari H.

gw dateng jam 10-an, naek busway sampe harmoni. trus tanya2 sama orang akhirnya sampe juga deh di PN Jakpus. Bo, rame banget…persis seperti yang ada di internet, ada banyak calo-calo yang menghampiri, dengan pe-de gw bilang ‘makasih’ pada setiap calo yang nawarin jasanya.

berbekal bahan dari internet gw langsung ke dalam, disana tanya2 sama orang yang mau ngurus tilang juga, tanda-tandanya: ‘celingak-celinguk’🙂. akhirnya barenglah kita ke lt. 2. Di Lt. 2, alamaaak, lebih ramai lagi. gw bingung, ini sidang ato’ gak, trus dimana loket pembayaran seperti yang ada di internet….ditengah kebingungan, ada petugas PN yang tanya, mau titip ke saya pak?, trus gw tanya, prosesnya kemana dan dimana, trus dia tanyain surat tilang gw…pas gw kasih, dia diem sebentar trus dia bilang, ‘100 ribu!’..halah…mahal kalee…gw gak bawa duit segindang, ada juga 60rb, soalnya di web dendanya 25rb…jadi gw bilang, ‘makasih pak, tolong kasi tau saja jalannya, saya mau coba’, trus dibilang suruh kasih ke suatu meja.

Di Lt.2 itu ada 2 meja, gak ada petunjuk sama sekali, yang ada orang2 berebutan dengan berbagai aroma…trus gw taro di meja itu, berebutan sih, susah sampe ke meja-nya..dan akhirnya berhasil. Gw tunggu di depan ruang sidang buat dipanggil, halah, kok denda-nya rata-rata 52rb gitu….deg-degan tambah kenceng deh gw….trus akhirnya ada yang ngumumin kalo’ sidang telah selesai, nah lo…gimana nih kertas gw, gimana sim gw….tapi ternyata masih banyak yang belum disidang juga..hehe, agak tenang deh gw.

oiya, ternyata 2 meja itu terbagi atas: Tilang Polres dan Tilang Polda, untuk masing-masing meja ada dua juga, tilang SIM dan tilang STNK.

Setelah sekian lama, satu per-satu kenalan gw udah dapet SIM-nya, dan mereka pulang..di dunia yang kejam ini, kesangaran dan otot maen banget, untung ada kenalan yang lumayan berotot ngebantuin kite-kite, knalan2 barunye, masuk di kerumunan deket meja…jangan tanya bau dan aromanya, keringet dan peluh bercampur baur…lumayanlah buat mereka yang lagi diet, dijamin males makan😀.

setelah beberapa lagi menunggu, akhirnya nama gw dipanggil, fiuh…tenang deh gw, tapi eits…ternyata dendanya 80rb, halah..sempet protes gw, trus dia liatin UU Lalin-nya, dan terdiamlah gw…tambah sesak lagi, ternayta duit gw kurang…glegh…gw bilang, ‘pak, duit saya kurang, saya turun ke bawah dulu ya’…dia ketawa, dan bilang ‘silakan…’…secepat kilat gw turun dan cari atm, untung masih ada sisa di atm buat sekedar 20rb-an.

cari sana sini, akhirnya ketemu atm-nya, dan langsung lari lagi ke Lt. 2 di PN Jakpus itu…’paak, saya alfian, tadi sudah dipanggil…’, trus si bapak cek bentar, dan dia bilang, ‘oiya, sudah ada duitnya?’, trus gw kasih dan sim gw balik deh…ahhh…lega bo.

gw turun ke bawah trus shalat zuhur di masjid-nya, sejuk, ber-ac, dan ada kultum abis zuhurnya, lumayanlah, buat dinginin hati yang panas dari tadi.

abis shalat, gw sms istri, kalo’ urusannya udah selesai…trus gw bingung, mau ke kantor ato gak yah…secara hari masih aga siang, tapi badan gw bau banget, gak keruan deh, kucel pula…akhrinya gw putuskan buat pulang ajah…legaa….alhamdulilah, pikir gw…

abis istirahat, gw berenang deh di kelapa gading..mengecilkan perut🙂

dan cerita tentang sidang tilang berakhir disini…

One Response to “Sidang Tilang di PN Jakpus”

  1. Ya.. ampun Iaannn… kcian sekali dirimu😛
    Duh… polisinya cowo ya yang di Thamrin. Gw dulu ketilang, salah jalur, gak punya SIM C pula. Tapi cuma titip uang damai 25rb (duit juga tinggal segitunya di dompet) dan senyumnya nona manis he he he


Leave a Reply

